Peluncuran Bank Sampah Unilak
Senin, 29 Mar 2021, 11:56:46 WIB, 36 View, , Kategori : Umum

Peluncuran Bank Sampah Unilak

Bank sampah Universitas Lancang Kuning resmi diluncurkan pada hari ini, Senin 29 Maret 2021. Pembangunan bank sampah ini merupakan hasil kerjasama antara Universitas Lancang Kuning melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan PT. Chevron Pacific Indonesia. Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, El Syabrina, GM South Asset PT CPI, Sukamto Thamrin, Rektor Unilak, Dr. Junaidi, Camat Rumbai, Syamsudin S.Sos beserta beberapa tamu undangan terkait.

Kerjasama antara PT CPI dengan LPPM Unilak telah berlangsung selama 2 tahun dengan fokus terhadap pendampingan bank sampah yang terdapat di 3 kabupaten di provinsi Riau yaitu Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak dan Kabupaten Bengkalis.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh ketua Program Bank Sampah PT CPI - Unilak, Dr. Jeni Wardi, saat ini terdapat 21 bank sampah dalam proses pendampingan serta 11 sekolah dalam pelatihan bersama Unilak Kompos dan Ecobata. Camat rumbai memberikan testimoni berupa penghasilan masyarakat dari hasil pengolahan bank sampah ini bahkan sampai bisa mengumpulkan uang untuk berangkat umroh.

Dr. Junaidi selaku rektor mengapresiasi pelucuran bank sampah Unilak. Dalam sambutannya Dr. Junaidi menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada tim bank sampah LPPM yang telah berkerja keras hingga bank sampah unilak resmi diluncurkan, dimana rencana pembangunannya telah dimulai semenjak awal tahun 2021 ini.

GM South Asset PT CPI, Sukamto Thamrin juga mengapresiasi pembangunan bank sampah Unilak, dia mengatakan bahwa ini merupakan komitmen PT CPI dalam menjaga lingkungan.

Sambutan ditutup oleh Asisten II Kota Pekanbaru, El Syabrina. Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemko Pekanbaru mengatakan harus ada inovasi dalam pengelolaan sampah dan salah satunya adalah dengan didirikannya bank sampah.

Kegitan diakhiri dengan pemotongan pita serta peninjauan bangunan dan peralatan bank sampah Unilak yang kemudian dilajutkan dengan pameran produk hasil pengolahan sampah.