Ubah Sampah Jadi Berkah - LPPM Pamerkan Produk Hasil Bank Sampah
Kamis, 28 Jan 2021, 12:09:58 WIB, 80 View, , Kategori : Umum

Ubah Sampah Jadi Berkah - LPPM Pamerkan Produk Hasil Bank Sampah

Beberapa jenis barang tampak terpajang di ruangan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyakarat (LPPM) Universitas Lancang Kuning seperti tas belanja, tempat buah dll. Namun setelah dilihat lebih dekat seakan ada yang berbeda barang tersebut dengan barang yang ada pada umumnya, Ya, barang barang tersebut merupakan produk dari pengaolahan ulang dari sampah anorganik.

Produk yang dipajang tersebut merupakan hasil pengbdian LPPM dalam bentuk kerjasama antara LPPM Unilak dengan PT CPI dalam pengelolaan bank sampah mitra di 4 kecamatan dalam 3 kabupaten di Provinsi Riau, yaitu kecamatan Rumbai di kota Pekanbaru, kecamatan Minas dan Siak di kabupaten Siak, serta kecamatan Pematang Pudu di kabupaten Bengkalis. 

Rencananya barang-barang tersebut akan ditampilkan dalam kegiatan LPPM Expo 2021. Terllihat beberapa buah Tas belanja yang dibuat dari bekas gelas minuman plastik, bekas bungkus kopi sachet, bekas bungkus minyak goreng, tempat buah dari gelas plastik, dan beberapa produk lainnya.

Ir. Latifa Siswati, M.P., selaku ketua LPPM dan Dr. H. Jeni Wardi, S.E., M.Ak., Ak., CA., selaku ketua program bank sampah menerima dengan senang hati produk yang diantarkan bank sampah tersebut. Ir. Latifa Siswati, M.P., mengatakan bahwa ini adalah bentuk nyata masyarakat sudah sadar bahwa sampah bisa bermanfaat dan bisa menambah penghasilan jika diolah oleh insan kreatif. Memang harga yang ditawarkan sedikit malah dari barang yang ada di pasaran, namun jika mau melihat lebih jauh, pemanfaatan ulang seperti ini memiliki manfaat yang sangat besar untuk kelangsungahn hidup dan pengelolaan sampah yang semakin hari semakin banyak sampak kita temukan.

Saat ini LPPM Unilak bekerjasama dengan PT CPI aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui bank sampah mitra tentang pengelolaan dan pemanfaatan sampah, hingga sebagian besar member bank sampah mitra telah memiliki keterampilan yang memadai dalam mengelola sampah di lingkungan mereka masing-masing.