Tentang LPPM
Dasar hukum pendirian LPPM Universitas Lancang Kuning adalah Statuta Universitas Lancang Kuning tahun 1992 tentang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) pasal 64, sampai dengan pasal 75 dan Surat Keputusan Rektor Universitas Lancang Kuning Nomor : 002/PTS.X.41-R/G.19/2000. Pada awal pendiriannya LPPM terdiri dari Pusat Penelitian dan Pusat Pengabdian Masyarakat masing-masing berdiri sendiri. Setelah diterbitkannya Surat Keputusan Rektor Nomor: 002/PTS.X.41-R/G.19/2000, Pusat Penelitian dan Pusat Pengabdian Masyarakat digabung menjadi satu dan bernama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lancang Kuning.  

Saat ini LPPM Universitas Lancang Kuning mengemban amanah untuk mengelola dua dharma dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu kegiatan penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.  Pelaksanaan kedua dharma ini  muaranya adalah untuk menghasilkan sebesar-besarnya manfaat bagi semua lapisan masyarakat, melalui pendekatan-pendekatan akademis yang relevan dengan permasalahan pembangunan di lapangan.  

Dengan amanah yang diembannya, LPPM memiliki peran strategis untuk mewujudkan insan unggul, riset yang handal dan inovatif, serta program-program pengabdian kepada masyarakat yang dapat membantu pemecahan masalah-masalah di lapangan.  Dalam upaya memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, LPPM dituntut untuk mampu maju ke depan, mengkoordinir, memacu dan mensinergikan SDM yang ada untuk mendayagunakan kepakarannya melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.  Disisi lain, percepatan pembangunan akan terwujud apabila ada sinergi di antara para pihak. Pelaksanaan dan pemanfaatan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dari perguruan tinggi, diharapkan akan mencapai tujuannya apabila ada dukungan dari pemerintah, pemerintah daerah, dan dunia usaha. Oleh karenanya, upaya untuk membangun budaya saling mendekat dan kemudian bekerjasama hendaknya menjadi salah satu paradigma bagi setiap agen pembangunan.  

Pemecahan masalah maupun peningkatan capaian target pembangunan, selain membutuhkan sinergi, juga membutuhkan sistem perencanaan yang baik. LPPM Universitas Lancang Kuning saat ini telah memiliki Rencana Strategis (Renstra) Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2016-2010, dimana di dalamnya terdapat roadmap, kluster, bidang-bidang unggulan, tema dan program-program  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.  Renstra Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, selain berfungsi sebagai payung pelaksanaan seluruh kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh civitas academica Unilak, juga diharapkan dapat menjadi bahan informasi bagi para pihak yang ingin melakukan kerjasama.  

Akhirnya, seiring dengan cepatnya dinamika perkembangan global, maka LPPM Universitas Lancang Kuning harus senantiasa berbenah dan memacu diri untuk menjadi salah satu lembaga yang berkualitas dan dapat dibanggakan oleh masyarakat Riau. Berbagai program peningkatan kualitas SDM penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, perluasan jejaring kerjasama, perbaikan sistem administrasi dan informasi, serta pemenuhan sarana prasarana secara terus menerus dilakukan.  Semoga upaya ini mendapat dukungan yang memadai dari berbagai pihak, baik dari pihak internal maupun dari pihak eksternal Unilak.